Skip to main content

Cerita Rakyat - Legenda Gunung Bromo Singkat

Cerita rakyat legenda gunung Bromo singkat. Cerita rakyat nusantara selanjutnya adalah cerita rakyat jawa timur legenda Gunung Bromo.

Sebagaimana diketahui Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur.

Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Gunung Bromo adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Namun di balik keindahan gunung Bromo ada legenda cerita rakyat tentang gunung bromo yang sudah turun temurun menjadi buah bibir masyarakat di sekitar.

Lihat juga: Sejarah Singkat dan fakta tentang suku tengger di pegunungan bromo jawa timur Indonesia

Nah cerita rakyat legenda gunung bromo akan diceritakan dalam bentuk cerita rakyat pendek atau cerita rakyat singkat tentang asa mula gunung bromo.

Bagaimana cerita legenda gunung bromo tersebut selengkapnya disimak  cerita rakyat legenda gunung bromo singkat dibawah ini.

Cerita Rakyat - Legenda Gunung Bromo Singkat

Alkisah, pada jaman dahulu hiduplah seorang pemuda bernama Joko Seger yang jatuh hati kepada Roro Anteng. Mereka pun menjalin kasih dan memutuskan untuk segera menikah.

Sayangnya, niat tersebut terrhambat oleh orang jahat nan sakti yang ingin merebut Roro Anteng.

Tetapi Roro tidak berani melakukan penolakan karena merasa khawatir jika terjadi hal buruk yang mungkin akan dilakukan orang jahat tersebut.

Gadis cantik itu pun kemudian membuat sebuah persyaratan. Ia menyuruh orang sakti itu untuk membuat lautan di Bromo dalam waktu semalam.

Sayangnya, pria jahat itu menyanggupinya dan berusaha membuat sumur di Gunung Bromo menggunakan tempurung kelapa atau dalam bahasa Jawa disebut dengan batok.

Demi menggagalkan usahanya, Roro Anteng memukulkan alu padi untuk membangunkan para ayam agar mereka segera berkokok.

Untungnya, usaha tersebut berhasil dan pria jahat itu pun kalah karena ia belum berhasil membuat lautan. Itulah alasan kenapa Gunung Bromo berbentuk tumpul.

Merasa marah dan mengamuk, ia melemparkan batok kelapa yang digunakan dan sekarang menjadi Gunung Batok.

Setelah itu, Roro Anteng kembali ke pelukan Joko Seger. Mereka pun hidup bahagia selamanya.

Lihat juga: Sejarah asal usul suku Tengger dalam kisah Joko Seger dan Roro Anteng

Begitulah ringkasan cerita rakyat gunung bromo atau cerita rakyat asal mula gunung bromo

Legenda Gunung Bromo merupakan salah satu dari ribuan kumpulan cerita rakyat nusantara yang bisa dikisahkan untuk anak anak. Pasalnya, selain untuk memperkenalkan sejarah dan budaya indonesia  juga untuk mengajarkan nilai moral yang ada dalam cerita itu.

Salah satu pesan moral Legenda Gunung Bromo yang bisa dipetik adalah janganlah memaksakan kehendak. Seperti halnya yang dilakukan oleh pria jahat dalam kisah legenda Gunung Bromo. Ia berusaha merebut Roro Anteng yang jelas-jelas sudah memiliki calon suami, Joko Seger.

Tetapi ia tetap ingin mempersunting Roro Anteng meskipun hal tersebut tidaklah mudah. Hal tersebut bisa  pesan moral dalam kehidupan untuk tidak memaksakan kehendak atau keinginan.

Demikianlah cerita rakyat jawa timur legenda gunung bromo, dalam bentuk cerita rakyat singkat atau cerita rakya pendek semoga dapat menghibur dan menigatkan tentang sejarah dan budaya di Indonesia.