Skip to main content

Cerita Rakyat Jawa Tengah Singkat - Legenda Kawah Si Kidang Dieng

Cerita Rakyat Jawa Tengah Singkat - Legenda Kawah Si Kidang Dieng. Kawah Sikidang Dieng adalah sebuah gunung api raksasa yang terdapat di jawa tengah memiliki kawah aktif.

Walaupun begitu dataran tinggi dieng justru mempunyai banyak destinasi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri.

Disamping keindahan kawah dieng dan sejarah dieng yang sudah melagenda dalam cerita rakyat nusantara, sudah turun temurun diceritakan oleh warga setempat tentang asa usul kawah sikidang dieng.

Dan cerita rakyat yang di ceritakan untuk kali ini adalah sejarah kawah sikadang dieng. dalam cerita rakyat legenda kawah sikidang dieng atau cerita rakyat jawa tengah singkat. Nah bagaimana cerita singkat asal usul kawah sikidang, selengkapnya disimak saja dibawah ini.

Legenda Kawah Si Kidang Dieng - Cerita Rakyat Jawa Tengah Singkat

Pada zaman dahulu, berdiri sebuah kerajaan nan mewah dan indah. Salah satu putri di kerajaan tersebut bernama Shinta Dewi. Ia terkenal akan kecantikannya yang luar biasa bak bidadari, sehingga banyak pangeran yang ingin mempersuntingnya.

Salah satu pangeran yang ingin melamarnya adalah Kidang Garungan. Pangeran tersebut terkenal akan kekayaannya yang luar biasa, hampir semua kemewahan dimilikinya. Selain itu, ia juga terkenal memiliki kesaktian.

Mengetahui akan hal tersebut, Putri Shinta Dewi pun setuju menikah dengan Kidang Garungan. Meskipun sebelumnya Shinta belum pernah bertemu Kidang, ia tetap yakin atas keputusannya untuk menikah dengan pangeran kaya raya tersebut.

Pada saat prosesi pernikahan tersebut akan dilangsungkan, Shinta Dewi terkejut melihat wajah Pangeran Kidang. Walaupun berbadan sangat kuat dan tegar, ternyata wajahnya menyerupai kepala kijang jantan.

Dalam hati, Shinta Dewi ingin menggagalkan pernikahan tersebut tetapi merasa keputusannya itu akan mempengaruhi kejayaan kerajaanya. Oleh karena itu, Shinta membuat persyaratan yang kiranya sulit untuk dilakukan oleh pangeran Kidang. Permintaan itu adalah membuat sumur yang sangat dalam dan besar.

Namun, pangeran Kidang menyetujui hal tersebut. Dengan semangat yang menggebu, ia berusaha membuat sumur yang besar tersebut. Ditengah usahanya, Shinta Dewi memerintah para prajuritnya untuk menutup kembali lubang sumur itu dengan tanah.

Pangeran Kidang pun terkubur dalam tanah tersebut. Dengan kekuatannya yang luar biasa, ia berusaha keluar dari timbunan tanah tersebut hingga menimbulkan getaran dan permukaan tanah menjadi panas.

Tetapi, usahanya tersebut sia-sia, ia tidak sanggup lagi keluar dari timbunan tanah tersebut. Tanah yang bergetar dan menyebabkan permukaanya menjadi panas tersebut kemudian dinamakan dengan Kawah Sikidang.

Atas perbuatan jahat dari Shinta Dewi ke Pangeran Kidang, ia mendapatkan kutukan berambut gimbal dan berwajah buruk rupa. Kutukan berambut gimbal tersebut tidak hanya dialami oleh Shinta Dewi saja tetapi juga seluruh keturunannya.

Begitulah ringkasan cerita rakyat cerita singkat asal usul kawah sikidang atau asal usul kawah sikidang singkat ( telaga warna dieng )

Kisah legendaris dari Kawah Sikidang ini merupakan salah satu dari beberapa kumpulan cerita rakyat nusantara dan legenda akah sejarah dan budaya Indonesia. Selain itu untuk memperkenalkan sejarah terjadinya suatu tempat juga untuk mengajarkan nilai moral.

Pesan moral cerita kawah sikidang adalah janji harus ditepati. Sebab, mengingkari janji akan merugikan dan menyakiti perasaan orang lain. Untuk itu, kisah ini sangatlah cocok untuk dijadikan salah satu pembelajaran untuk selalu berusaha menepati janjinya.

Demikianlah Cerita Rakyat Jawa Tengah Singkat - Legenda Kawah Si Kidang Dieng. semoga cerita atau dongeng sejarah dieng, diatas dappat menghir dan bermanfaat, untuk lebih mengenal sejarah dan budaya di Indonesia dalam bentuk cerita rakyat Indonesia.