Skip to main content

Sejarah tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia

Tanggal 15 oktober adalah hari hari cuci tangan sedunia yang bermula dari kampanye global untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Karena dengan mencuci tangan terbukti efektif menjaga kebersihan, Dengan kebersihan yang baik, infeksi bakteri dan patogen lain bisa dicegah sehingga tubuh tetap sehat.

Namun 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia, tidak ada kaitannya dengan fenomena wabah virus corana yang menggalakkan cuci tangan.

Untuk lebih jelasnya 15 oktober dalam sejarah disimak saja berikut mengapa tanggal 15 oktober diperingati hari mencuci tangan sedunia.

Sejarah 15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia

Apa bila ada yang bertanya tanggal 15 Oktober hari apa? Jawabannya adalah Hari Cuci Tangan Sedunia.

Hari Cuci Tangan Sedunia pada awalnya diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (Global Handwashing Partnership (GHP)) pada bulan Agustus 2008 di Pekan Air Dunia tahunan (Annual World Water Week) di Stockholm, Swedia.

Hari Mencuci Tangan Sedunia pertama kali ditetapkan dan berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2008. Penetapan tanggal tersebut dilaksanakan di Sidang Umum PBB.

Selain itu, pada tahun 2008 juga merupakan Tahun Sanitasi Internasional. Tahun Sanitasi Internasional didirikan oleh badan-badan pendiri pada tahun 2008 misal CDC AS, Procter dan Gamble, UNICEF, Unilever, Program Air dan Sanitasi Bank Dunia, dan Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional.

Hari Mencuci Tangan sedunia juga dilatarbelakangi untuk mengurangi angka kematian anak dan penyakit pernafasan serta diare. Hal tersebut dapat dilakukan sederhana dengan mencuci tangan pakai sabun.

Dengan mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit pernafasan hingga 25% dan diare hingga 50%.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, penyedia layanan kesehatan AS, rata-rata orang mencuci tangan kurang dari separuh waktu yang seharusnya

Demikianlah tentang 15 oktober diperingati hari cuci tangan sedunia, semga informasi tanggal 15 oktober yang diperingati sebagai hari cuci tangan dapat bermanfaat.