Skip to main content

Cerita Rakyat Kabupaten Bone - Legenda Gua Mampu

Cerita rakyat Kabupaten Bone, Legenda Gua Mampu Bone. Cerita rakyat sulawesi selatan untuk kali ini adalah tentang sejarah gua mampu, yang sekarang menjadi objek wisata alam di Kabupaten Bone yang terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe.

Legenda Gua Mampu tidak bisa lepas dari sejarah Kerajaan Mampu. Namun, detail sejarah Kerajaan Mampu tidak seeksis catatan sejarah Kerajaan Bone.

Hal ini disebabkan karena kurangnya bukti-bukti sejarah yang ditemukan. Gua Mampu di Kabupaten Bone menyimpan sebuah legenda satu kampung yang dikutuk jadi batu.

Sehingga muncul mitos kala itu "Jangan pernah mengancungkan telunjukmu ke muka seseorang. Sebab kamu akan mengalami nasib yang sama dengan penduduk kampung yang dikutuk jadi batu, sebuah desa purba dikaki Gunung Mampu" Desa purba itu kini telah punah. Seluruh penduduknya mati menggenaskan kena kutuk dewa menjadi batu.

Nah bagaimana kisahnya ikuti berikut ini cerita rakyat Sulawesi Selatan dari Kabupaten Bone tentang legenda sejarah gua mampu bone yang dikisahkan dalam cerita rakyat dari sulawesi selatan.

Legenda Gua Mampu - Cerita Rakyat Dari Sulawesi Selatan Kabupaten Bone

Kokok ayam jantan berkumandang. Pagi menjelang. Satu-persatu penduduk desa purba keluar rumah menuju sawahnya masing-masing. Hawa dingin menusuk tulang. Kicau burung bersahutan. Areal persawahan terhampar luas dibawah bayang Gunung Mampu yang tinggi menjulang.

Anak beranak berjalan beriringan menyusur pematang. Dalam sekejap rumah-rumah di desa purba menjadi senyap. Dimusim tanam padi seperti ini, orang malu berdiam dirumah. Kecuali disebuah rumah panggung diujung jalan desa tepat ditepi hutan.

Dengan malas, Lapute beranjak dari pembaringannya. Ayah ibunya sudah berangkat kesawah. Bahkan kini di desa tersebut, tinggal dia satu-satunya manusia yang masih berada dirumahnya pagi itu.

Aaaaahhgggg…. ! Lapute menguap.

ia berjalan menuju perigi untuk mandi. Selanjutnya bersalin pakaian dan berdandan. Rutinitas yang dilakoninya setiap hari.

Lapute sadar betul dengan anugerah kecantikan wajah dan kemolekan tubuh yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Maka dari itu, ia merasa wajib untuk menjaganya. Tepatnya menonjolkan kelebihannya itu.

Lapute adalah kembang desa Purba. Ia ibarat tumbuhan yang hijau segar daunnya, merah merona bunganya dan harumnya berhembus dibawa angin kemana-mana. Lapute adalah gadis yang tengah berada dipuncak pesona. Bibirnya bak gunung berkawah cekung. Lentik matanya seolah mampu menahan sebatang lidi untuk tidak jatuh bila diletakkan diatasnya.

Tapi sayang, sayang seribu sayang. Seperti tipikal seluruh penduduk desa purba pada umumnya, Lapute juga memiliki sifat deging. Egois dan berkepala batu.

Bukan rahasia lagi diseantero jazirah bugis kala itu. Penduduk desa purba terkenal dengan tabiat kepala batunya. Jangan sekali-kali mengajak mereka berdebat tentang sesuatu hal. Bila pun terpaksa, usahakan menjaga jarak dari mereka paling kurang dua langkah kaki rusa yang tengah dikejar macan.

Kawan, penduduk desa Purba jika berdebat dengan orang lain begitu gemar mengancungkan telunjuknya kepada lawan bicaranya. Telunjuk itu mengayun serupa kapak membelah kayu ke jidat orang. Berkali-kali, tanpa henti. Maka pada zaman itu, desa-desa lainnya segan menaruh persoalan dengan penduduk desa purba.

Matahari sudah hampir sejajar dengan kepala. Lapute berhenti mematut-matut dirinya didepan cermin. Sebentar lagi ibunya pulang untuk memasak, sebelum kembali lagi kesawah membawa bekal makan siang untuk ayahnya. Lapute tak mau ibunya menyaksikannya berlaku malas.

Ia kemudian menggelar alat tenunnya. Bersiap menyelesaikan sehelai kain yang cukup untuk dijadikan dua lembar sarung buat ibu bapaknya. Ia telah berjanji kepada mereka akan menyelesaikan tenunan itu. Janji sekaligus alasan yang membebaskannya dari keharusan bekerja disawah seperti teman-teman gadisnya yang lain.

Pekerjaan sawah membuat kulit mereka gosong. Kuku-kuku berubah hitam dan rambut kering berantakan. Lapute secara teliti mengukur waktu kerjanya, agar tenunannya selesai bersamaan dengan berakhirnya musim tanam.

Dengan begitu tak ada alasan kedua orangtuanya untuk memaksa ia membantu mereka disawah. Selain cantik, Lapute rupanya juga seorang gadis yang cerdik.

Rutinitas Lapute itu tak berubah. Berlangsung hari demi hari di musim tanam itu. Sama seperti hari biasa. Matahari bersinar garang. Membuat hawa didalam rumah berubah gerah. Lapute pun memindahkan alat tenunnya keteras rumah.

Dimana angin bertiup semilir menyejukkan. Hawa sejuk pelan-pelan mengusap wajahnya. Kepala Lapute terantuk-antuk menahan kantuk. Tak sadar ia tertidur. Didalam tidurnya tanpa sengaja ia menendang jatuh alat tenunnya ketanah

Lapute terbangun dari tidurnya mendengar suara alat tenunnya menimpa tanah. Aiiiiiihhhhh… keluhnya dalam hati.

Rasa kantuk yang tersisa menahan niatnya untuk turun ketanah mengambil alat tenunnya kembali. Dengan tetap berbaring seperti semula, Lapute memilih untuk berteriak meminta bantuan orang lain. Siapa tahu ada orang lewat yang mendengarnya.

“ Oeeeeeeee !!! tolong ambilkan alat tenunku dibawah rumah ! “ teriak Lapute

Lapute mengulang sampai tiga kali teriakannya.

Hatinya kesal karena tak sebatang hidung pun terlihat datang untuk memenuhi permintaannya. Dengan nada main-main ia pun mengulang teriakannya.

Kali ini ia mencoba menawarkan hadiah kepada orang yang bisa menolongnya. Ia sendiri tak serius dengan janjinya itu. Namun apa salahnya dicoba ? Siapa tahu berhasil ? Demikian pikir Lapute.

“ Oeeeeee ! yang menolongku mengambil alat tenun dibawah rumah akan kuberi hadiah !

“ teriak Lapute. Tanpa pikir panjang akan akibat perkataannya, ia melanjutkan sambil tersenyum jahil “ yang menolongku akan kujadikan suamiku “

Terdengar bunyi langkah kaki dari bawah kolong rumah. Lalu suara-suara yang mengangkat perangkat alat tenun. Derik anak tangga berbunyi satu persatu saat penolong itu melangkah naik keatas rumah.

Alangkah terkejutnya Lapute melihat sosok yang menolongnya membawa alat tenun keatas rumah. Muka lapute pias. Pucat serupa mayat. Sosok penolong itu setinggi diri lapute. Sekujur badannya ditumbuhi bulu-bulu berwarna coklat kemerahan. Panjang dan lebat. Tampak ekornya yang panjang menjuntai menyentuh lantai rumah. Mukanya bukan muka manusia. Mukanya, muka seekor kera.

Sang penolong itu adalah seekor Kera besar yang menakutkan. Lapute sontak berdiri hendak melarikan diri. Namun urung begitu mendengar sosok kera besar itu menegurnya. Sungguh aneh. Kera itu mampu bercakap seperti manusia.

“ Hei. Kamu mau kemana ? bukankah kamu sudah berjanji akan memberi hadiah bagi yang menolongmu membawa naik alat tenunmu ini “ ujar kera besar itu mengingatkan

Lapute gugup. Perasaannya campur aduk. Takut, kecewa, heran. “ Tatatata…tapi..kamu bububu..kan manusia “ ujar Lapute gugp sambiil mengancungkan telunjuknya kearah muka kera.

Wajah kera berubah masam. “ Memang bukan. Tapi apakah kau ingat dengan ucapan mu tadi. Kamu tidak mengatakan akan menikah dengan manusia yang membawakan alat tenunmu.

Tapi kamu mengatakan ‘ yang membawakan alat tenunku’. Kamu jangan ingkar janji Lapute“

Badan Lapute mengigil-gigil. Ia adalah kembang desa purba. Gadis tercantik diantara yang cantik. Tamat sudah hidupnya membayangkan dirinya bersuamikan seekor kera. Seekor kera tetaplah kera, walau bisa berbicara seperti manusia.

Mengingat posisinya yang rumit itu, Lapute mencoba menyelamatkan masa depannya. Apa jadinya anak keturunannya kelak jika bapak mereka seekor kera.

Lapute memberanikan diri untuk membantah perkataan kera besar itu. Sifat kepala batunya mencuat. Pendapat kera besar itu ditentangnya habis-habisan.

“ Kamu pasti salah mendengar perkataanku tadi. Jelas-jelas akau mengatakan ‘ barang siapa manusia yang membawakan alat tenunku’.

Jadi kamu tidak termasuk didalamnya wahai kera jelek “ bantah Lapute. Tak lupa ia mengancung-ancungkan jari telunjuknya kearah muka kera besar itu untuk mempertegas ucapannya.

“ Kamu berbohong lapute ! “ kera itu bersikeras dengan keyakinannya.

“ Tidak ! kamu yang bohong. Kamu mencoba memanfaatkan situasi ini ! Dasar kera tidak tahu diri ! “ Lapute balik membantah dengan keras. Tetap dengan jari telunjuk yang terancung kemuka kera.

Mereka berdua memegang pendapatnya masing-masing. Lapute tetap tak mau mengalah.

“ Aku lebih baik menjadi batu daripada harus bersuamikan dirimu wahai kera jelek ! “ kata Lapute akhirnya.

Tiba-tiba – seperti lazimnya sebelum sebuah peristiwa luar biasa terjadi- petir menggelegar membelah angkasa. Kera besar itu berubah ke wujud aslinya.

Rupanya ia seorang dewa yang menyamar menjadi seekor kera. Tubuhnya lalu terangkat, melayang tinggi ke udara. Sebelum menghilang, dewa itu mengeluarkan suara keras yang menggema.

“ Hai Lapute ! karena kamu ingkar janji, maka kamu kukutuk menjadi batu seperti keinginanmu ! Dan sejak hari ini, barang siapa penduduk desa Purba yang mengancungkan telunjuknya kepada orang lain, maka orang yang ditunjuknya itu akan berubah menjadi batu ! “

Dalam sekejap, Lapute pun berubah menjadi batu.

Matahari kembali keperaduan. Penduduk desa menghentikan pekerjaannya disawah dan kembali kerumah masing-masing.

Sesampai diteras rumahnya, kedua orang tua Lapute terkejut tidak kepalang. Anak kesayangan mereka ditemukan dalam bentuk onggokan batu. Tangis mereka pecah.

Lalu mereka terlibat dalam pertengkaran hebat. Saling menyalahkan satu sama lain sebagai penyebab kejadian mengerikan itu.

“ Ini salahmu ! “ maki bapak Lapute pada istrinya. “ Coba seandainya kamu pulang cepat kerumah tadi sore “

Istrinya tak mau kalah. Balas memaki suaminya “ Tidak ! ini salahmu. Kamu yang melarangku untuk pulang cepat “

Keduanya berbalas maki sembari saling mengacungkan telunjuknya kemuka satu sama lain. Serentak keduanya juga ikut berubah menjadi batu kena tulah kutukan dewa.

Penduduk desa yang sempat mendengar tangis dan pertengkaran kedua orang tua Lapute datang berbondong-bondong menuju kerumah itu. mereka terpaku menyaksikan pemandangan tiga sosok anak beranak yang telah berubah menjadi batu.

Penduduk desa ramai memperdebatkan kejadian aneh itu. Masing-masing bersikukuh dengan dugaannya. Pertengkaran sesama penduduk desa jadi tak terelakkan.

Seperti kebiasaan mereka setiap kali bertengkar, tak lupa sambil mengacungkan telunjuk kemuka lawan debatnya. Dalam tempo singkat semuanya ikut kena kutukan dewa. Seisi desa berubah menjadi batu tanpa kecuali.

Beberapa waktu kemudian desa tanpa penghuni itu terkena bencana tertimbun longsoran dari gunung Mampu.

Tepat dibawah longsoran itu kemudian mengalir sungai bawah tanah berkelok-kelok melintasi tempat dimana desa itu (dulu) berada. Air sungai itu beratus tahun selanjutnya menyusut kering.

Dan terowongan bekas alirannya berubah menjadi gua dengan banyak ornamen batu yang menyerupai arca manusia dalam beragam bentuk. Orang-orang di zaman modern ini menamainya Gua Mampu.

Pesan Moral Dalam Cerita Rakyat Legenda Gua Mampu Bone:

Pada cerita rakyat di atas ada beberapa sikap yang dapat kita jadikan sebagai contoh perilaku atau sikap dalam diri kita namun ada juga sikap yang sebaiknya tidak kita contohi dalam kehidupan kita.

Dalam cerita rakyat sulawesi selatan tersebut dapat kita ambil hikmahnya, di mana sikap tokoh utama yaitu “Lapute” yang begitu egois dan berkepala batu tidak patut untuk kita contohi.

Sikap yang egois dan berkepala batu itu bisa muncul karena adanya kelebihan pada diri seseorang yang sangat dibanggakan tidak lain yaitu kecantikan wajahnya sehingga di tempat tinggalnya banyak yang memuji kecantikannya itu sehingga timbullah sikap yang egois dan berkepala batu itu.

Selain itu, janganlah kita sembarang mengeluarkan ucapan dari mulut kita karana ada pepatah mengatakan “Mulutmu Harimaumu”. Ucapan yang kita keluarkan itu harus dipertanggungjawabkan.

Jangan mengarahkan kesalahan yang kita perbuat kepada orang lain, karena jika itu memang kesalahan kita maka harusnya kita mengakui kesalahan itu. Sesungguhnya kebenaran itu akan terungkap juga.

Dan janganlah kita menilai seseorang dari luarnya saja dan dari penampilannya, karena sesungguhnya dalam diri seseorang ada kelebihan tertentu yang belum kita ketahui.

Bukan hanya itu, dari cerita tersebut dapat kita simpulkan bahwa dalam suatu permasalahan yang kita alami sebaiknya kita selesaikan secara baik – baik. Sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat.

Selain itu, dalam menyelesaikan suatu permasalahan janganlah kita saling menunjukkan satu sama lain. Karena itu bukan cara yang baik untuk menyelesaikan masalah tapi malah menambahkan dan memperbesar – besarkan suatu masalah.

Demikianlah Tentang Dongeng rakyat atau cerita rakyat Sulawesi Selatan Tentang Gua Mampu Bone,cerita rakyat dari sulawesi selatan ini dikisahkan Oleh Moeh Bachri, Semoga dapat menghibur.