Skip to main content

Mengenal 13 Lokasi Objek Wisata Alam Di Kalimantan Timur

Lokasi objek wisata alam di Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur memiliki keindahan alam yang tidak kalah menakjubkan dengan tempat wisata di daerah lain yang ada di Indonesia.

Objek dan tempat wisata tersebut meliputi wisata alam dan wisata bahari, Layaknya pulau-pulau lain di Indonesia, Kalimantan Timur menyimpan berbagai jenis destinasi wisata.

Ingin mengetahui nama nama Lokasi dan tempat wisata alam di kalimantan timur, ikut ulasan tentang objek wisata alam kalimantan timur dibawah ini.

13 Objek Wisata Alam Di kalimantan timur

Jika ingin berlibur ke kalimantan timur untuk menikmati keindahan alam kal-tim tentu harus mengetahui lokasi wisata alam yang ada di kalimantan timur.

Dan berikut ini adalah lokasi wisata alam yang ada di kalimantan timur yang bisa dikunjungi untuk mengenal dan menikmati keindahan alam dan keindahan bahari kaltim.

#1. Bukit Batu Dinding

Batu dinding merupakan area tebing yang berdiri pada ketinggian 100 hingga 200 meter. Tebing ini menjadi spot yang pas untuk menguji adrenalin di ketinggian.

Wisata alam Bukit Batu Dinding Membentang sepanjang 800 meter, pengunjung dapat berjalan sambil melihat pemandangan langka yang memukau. Di atas tebing, dan merasakan udara sejuk dari hutan Kalimantan yang membentang hijau

Lokasi wisata alam Bukit Batu Dinding berada di km 45 balikpapan ke arah Samarinda.

#2. Danau Jempang

Danau Jempang terletak di kabupatan Kutai Barat. Di sekitar danau yang memiliki kedalaman sekitar 7-8 meter ini banyak ditemui aneka macam flora dan fauna. Danau Jempang merupakan destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur. Setiap 5 tahun sekali danau ini akan menjadi sangat kering.

Untuk bisa menikmati keindahannya alam Danau Jempang harus menggunakan perahu tradisional Kalimantan Timur yang bernama perahu ketintang atau dengan menggunakan speedboat dan di sepanjang perjalanan tersebut akan menikmati pemandangan perkampungan yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur.

Lokasi wisata alam Danau Jempang berlokasi di Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

#3. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau dikenal sebagai surga bawah laut di Kalimantan Timur. Danau ini memiliki air yang sangat jernih.

Air di Danau Labuan Cermin juga sangat unik di mana air tawar berada di bagian atas dan air asin berada di bawahnya.

Namun, kedua jenis air tersebut tidak saling menyatu dan bisa dilihat secara kasat mata. hal unik inilah yang membuat danau memiliki keindahan membuat berdecak kagum siapa saja yang mengunjunginya

Dengan dua kondisi air yang berbeda tersebut tentu membuat danau ini dihuni oleh dua jenis organisme laut yang berbeda, yaitu ikan air tawar di permukaan danau dan ikan air laut di dasar danau.

Di danau ini wisatawan bisa menikmati air danau yang bening bak cermin yang sebenarnya mengandung duarasa, asin di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan.

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, jika bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

#4. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai

Bukit Bingkarai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Bukit ini memiliki luas sebesar 1.500 hektare. Terdapat Jembatan Tajuk yang berada di tengah hutan sepanjang 64 meter dan berada di atas ketinggian 30 meter.

Jembatan kayu ini dihubungkan dengan lima Pohon Bangkirai yang disebut sebagai salah satu pohon purba. Dari jembatan tersebut pengunjung dapat menikmati kesejukan hutan hujan tropis di sekitarnya.

Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. berjarak sekitar 58 kilometer dari Balikpapan

#5. Goa Losan

Gua Losan terletak di kecamatan Muara Komam. Untuk masuk ke dalam gua, perlu ditemani oleh seorang pemandu sehingga keamanan pengunjung juga dapat terjamin. Pengunjung juga membutuhkan senter untuk masuk ke dalamnya.

Selain mata air, di dalam gua terdapat banyak bebatuan alam berbentuk unik yang bisa mengeluarkan melodi musik. Gua Losan juga menjadi sarang bagi Burung Walet.

Lokasi Goa Losan terletak persis di poros Jalan Negara lintas Kaltim-Kalsel, tepatnya di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam

#6. Pulau Kakaban

Pulau yang berada di Kepulauan Derawan ini menjadi habitat dari ubur-ubur yang bermukim di danau yang menjadi dayatarik tersendiri

Pulau Kakaban adalah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur. Tak hanya kaya dengan biota laut, pulau Kakaban juga memiliki keindahan bawah laut yang disebut bersaing dengan Raja Ampat.

Lokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

#7. Gua Haji Mangku

Pulau Maratua tidak hanya menawarkan pesona laut yang luar biasa indahnya. Menjelajah masuk ke dalam pulaunya terdapat sebuah gua yang sangat eksotis yaitu Gua Haji Mangku, Berdasarkan namanya sendiri, gua ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Haji Mangku.

Dari beberapa macam tipikal gua sejenis yang terdapat di Maratua, Gua Haji Mangku merupakan salah satunya yang paling mudah diakses. objek wisata ini berupa danau dengan air tak kalah jernih dari Labuan Cermin

Wisata alam Gua Haji Mangku berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Lokasi: Gua Haji Mangku terletak sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

#8. Taman Batu Sembinai

Wisata alam Taman Batu Sembinai, mirip dengan Stone Garden yang ada di Jawa Barat, kawasan wisata alam ini berupa tebing yang dilingkupi hutan rimba. Untuk bisa menikmati keindahan alam Batu Sembinai wisatawan harus melakukan pendakian yang cukup menguras tenaga.

Untuk menuju Bukit Sembinai, harus menempuh jalur darat dari Tana Paser. Meski jaraknya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Paser dengan jalan berkelok,

Namun hal itu akan terbayar dengan indahnya hamparan keindahan alam dan pemandangan kebun sawit di sepanjang jalan. Tana Paser–Batu Kajang yang merupakan ibu kota Kecamatan Batu Sopang.

#9. Telaga Biru Tulung Ni'Lenggo

Labuan Cermin dan Gua Haji Mangku bukan satu-satunya objek wisata danau yang memiliki air sejernih kristal. objek wisata air ini terbilang lebih lengkap karena pengunjung bisa menikmati keindahan danau sambil naik perahu.

Lokasi Telaga Biru Tulung Ni'Lenggo berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

#11. Kepulauan Derawan

Aktivitas snorkeling atau diving sangat bisa dilakukan di sini. Pengunjung tinggal memilih gugusan pulau yang ingin didatangi, tentu saja dengan didampingi pemandu wisata.

Di Derawan terdapat ratusan jenis terumbu karang dan makhluk laut di sini. Manta dan penyu bukan satu-satunya fauna bersahabat yang bakal mendekati wisatawan saat berenang. kepulauan ini juga menjadi lokasi favorit peneliti dari berbagai belahan dunia.

Lokasi Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

#12. Jantur Inar

Jantur Inar merupakan wisata alam air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter di Kabupaten Kutai Barat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pemberian nama Jantur Inar dikarenakan pada zaman dahulu ada seorang putri yang secara tiba-tiba hilang diculik oleh roh halus penunggu air terjun tersebut.

Yang menjadi daya tarik wisata alam air terjun Jantur Inar adalah terdapat bayangan sangat indah seperti pelangi yang keluar dari pancaran air terjun. Jika ingin menjelajahi keindahan alam air terjun Jantur Inar harus siap-siap menaiki sekitar 200 anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola.

Lokasi: terletak di kampung temula, sekitar 30 km dari Sendawar, Kabupaten Kutai barat, Kalimantan Timur

#13. Samboja Lodge

Samboja Lodge merupakan sebuah tempat penginapan eksklusif yang terletak di daerah Kutai Kartanegara atau tepatnya di tengah hutan hujan tropis Kalimantan. Arsitektur Samboja Lodge terbuat dari kayu yang diberi ukiran khas suku Dayak.

Samboja Lodge termasuk ke dalam kawasan hutan konservasi Samboja Lestari yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS).

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati suasana alami hutan yang sunyi dan bisa berinteraksi secara langsung dengan orangutan serta beruang madu yang ada di kawasan konservasi tersebut.

Lokasi: Balikpapan- Handil Km 44. Samboja, Kutai Kartanegara, Samboja, Margomulyo, Kec. Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Itulah 13 lokasi tempat wisata alam di kalimantan timur dari aneka ragam objek wisata alam kaltim, semoga bermanfaat bagi yang ingin mengetahu tempat dan lokasi wisata di kalimantan timur.