Skip to main content

Suku Suku Di Indonesia yang Konon Memiliki Ilmu Hitam, Santet dan Sihir

Suku Suku di indonesia yang konon memiliki ilmu hitam santet dan sihir. Pengertian Ilmu hitam adalah jenis ilmu sihir yang biasa digunakan untuk mengendalikan objek tertentu termasuk termasuk kejadian, objek, orang, dan fenomena fisik melalui mistik, paranormal, atau supranatural

Dalam banyak kebudayaan, ilmu hitam dan ilmu sihir adalah sesuatu yang tidak rasional bagi ilmu pengetahuan, dan hal ini sangat dilarang penggunaannya dalam agama, karena pada umumnya ilmu hitam dan ilmu sihir bertujuan ke arah negatif untuk mencelakakan targetnya.

Indonesia yang memiliki keragaman etnik budaya dan suku bangsa, diantara suku-suku yang ada di indonesia tersebut konon masih ada yang di percaya memiliki ilmu hitam dan kesaktian, seperti yang sering kita dengar ilmu hitam dayak dan ilmu hitam banten dan lain sebagainya.

Lalu suku suku apa saja yang ada di indonesia dan dipercaya memiliki santet, ilmu hitam dan ilmu sihir serta suku terkuat di indonesia, untuk lebih jelasnya ikuti artikel ini karena mengulas tentang suku di indonesia yang konon memiliki ilmu hitam santet dan sihir.

6 Suku di Indonesia Konon Memiliki Ilmu Hitam, Santet dan Sihir

Dari banyaknya suku yang ada di Indonesia, enam di antaranya dianggap memiliki ilmu hitam dan ilmu santet dan sihir paling mengerikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam suku yang menguasai ilmu hitam ilmu santet dan ilmu sihir yang konon paling seram diantaranya:

1. Suku Baduy, Banten

Makin lama suku Baduy memang makin terbuka sama masyarakat luar, tapi urusan yang gaib-gaib tetap mereka lestarikan. Meramal masa depan, pelet, santet, debus, bahkan ilmu kebal senjata, banyak orang yang berguru ke daerah Banten, termasuk para penjahat.

Mau kebal senjata api atau senjata tajam, semua ada kursusnya. Jangankan untuk malapetaka, untuk orang di luar suku, orang Baduy sendiri juga bisa kena batunya kalau coba-coba bikin masalah.

Contohnya kalau ada orang Baduy yang berani melanggar adat-istiadat, misalnya naik kendaraan pas bepergian dan bukannya jalan kaki, dijamin mereka bakal langsung kena sakit misterius.

Namun meskipun ilmu hitam banten dari suku Baduy seram, mereka suku baduy sebenarnya ramah dan baik, selama tidak mengusik mereka. mereka tentu akan baik sama kita

2. Suku Asmat, Papua

Sanggup nemuin barang hilang dan bisa datangin hujan petir, itulah salah satu contoh dari sekian banyak ilmu yang dimiliki Suku Asmat. Selain sangat menghormati leluhur, mereka yang dipercaya tinggal di alam gaib tempat matahari terbenam, suku Asmat juga pantang dibikin tersinggung.

Jangan coba coba mengusik karena sekali mereka marah, siap-siap saja dikirimin "hadiah" berupa sakit misterius, miskin mendadak, kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Sihir ini juga jadi cara mereka untuk menjaga alam sekitar supaya tidak dirusak orang. Bagi mereka, merusak alam sama aja artinya dengan merusak tempat tinggal dewa-dewa mereka.

3. Suku Osing di Banyuwangi Jawa Timur

Banyuwangi punya reputasi sebagai markasnya dukun santet super sakti. Saking kentalnya kabar ilmu santet di Banyuwangi, pernah terjadi tragedi santet Banyuwangi di tahun 1998 yang menewaskan ratusan orang.

Orang-orang itu dibunuh dengan sadis (ada yang sampai dipenggal terus diarak keliling kota ) karena dianggap dukun santet.

Konon ilmu santet Banyuwangi, terbagi empat jenis.

  • Santet hitam untuk balas dendam sampai si musuh meninggal
  • Santet merah untuk balas dendam tapi tidak sampai bikin orang tewas
  • Santet kuning buat bikin orang lain jadi suka
  • Santet putih buat untuk melancarkan usaha

4. Suku Batak, Sumatera Utara

Ilmu hitam suku batak adalah hal mistis yang konon sulit diungkapkan dan misterius karena melibatkan roh leluhur.

Terbukti ketika Prof. Sorimangaraja Sitanggang menjadi Ketua Paranormal Sedunia (dinobatkan tahun 2006 di German), di mana Voodoo dari Haiti sekalipun dapat ditaklukkanya, dan mereka menjadi muridnya.

Namun tidak semua suku Batak masih praktekin ilmu hitam batak, tapi sampai sekarang, masih ada orang-orang dari suku Batak yang akrab sama Begu Ganjang.

Makhluk halus yang berarti Setan Panjang, konon ilmu hitam Suku suku Batak bentuknya memang mirip orang dengan tangan dan kaki super panjang.

Mereka ini biasa jadi piaraan orang yang disebut Par Begu Ganjang. Makhluk ini ditakutin karena mereka dipercaya bisa mennabut nyawa. Siapa pun yang melihat sosok mereka dipercaya bakal meninggal beberapa hari kemudian.

Biasanya, Par Begu Ganjang mengirim makhluk ini untuk mendatangi orang yang tidak mereka suka. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk bikin mereka hilang dari dunia ini.

5. Suku Kajang, Sulawesi Selatan

Suku Kajang yang rumpun suku bugis tinggal di pedalaman Kabupaten Bulukumba ini percaya kalau mereka tinggal di Tana Toa (tanah tertua) yang pertama kali diciptain oleh Tuhan bumi.

Suku dengan ciri khas memakai baju serba hitam ini sebenarnya bijak dan baik. Warna hitam sendiri mereka pilih untuk melambangkan kesederhanaan, kesetaraan, dan kematian yang sewaktu-waktu bisa datang.

Meskipun Suku Kajang terkesan kalem, ilmu hitam Suku Kajang yang biasa disebut ilmu doti kajang mereka bisa bikin siapa pun geter.

Jenis Ilmu hitam doti kajang ini, konon, selain bisa menghilangkan nyawa orang, ilmu doti kajang bisa melembekkan kepala orang, mereka juga jago praktekan ilmu kebal.

Tetapi tidak semua orang suku Kajang bisa melakukan santet atau doti, karena apa bila dukun gagal melakukan misinya akan mendapatkan konsekuensi. Konon biasanya ilmu santet doti yang diterjunkan kembali ke si penyantet dan akan langsung meninggal di tempat.

Tidak sampai di situ saja ternyata, sebab efeknya pun merembet juga pada keturunan-keturunan si dukun. Oleh karena itulah tidak semua suku kajang memperaktekkan ilmu santet doti karena resikonya pun juga besar.

6. Suku Dayak, Kalimantan

Kalau berbicara ilmu sihir dan ilmu hitam, tidak bisa tidak membicarakan kesaktian suku Dayak. Cerita soal kemampuan suku Dayak mengirim guna-guna dan pelet Dayak sudah menyebar ke mana-mana.

Salah satu ilmu hitam dayak yang paling terkenal adalah mandau terbang. Senjata tradisional suku Dayak konon bisa dikendalikan dari jauh untuk menyerang lawan atau pun melindungi kawan.

Jadi, kalau orang Dayak punya musuh, mereka tidak perlu capek ngejar mati-matian musuh mereka. Kenapa? Karena ilmu hitam dayak mandau bisa melesat terbang sendiri untuk nebas kepala si musuh!

Mereka juga sering mengirim mandau-mandau untuk melindungi orang yang mereka anggap kawan supaya bisa jalan dengan aman menyusuri hutan.

Itulah beberapa suku suku di indonesia yang konon memiliki ilmu hitam, santet dan ilmu sihir. apakah mereka ini suku paling berbahaya di indonesia, tergantung karena semua itu konon digunakan jika ada yang ganggu mereka.

Semoga informasi tentang kesaktian suku suku di Indonesia yang diulas diatas dapat mengenal akan keberagaman suku yang di indonesia.