Skip to main content

(20+) Tempat Wisata Indah Dan Sangat Menarik Di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Tempat wisata yang indah dan sangat menarik di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Provinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak lokasi wisata yang mengagumkan.

Dan umumnya setiap destinasi tempat wisata ditiap-tiap daerah di Sulawesi Selatan memiliki keindahan dan keunikannya serta perbedaan tersendiri.

Seperti wisata toraja negeri diatas awan yang terkenal dengan jembatan dan berbagai macam wisata sejarah tana toraja. Begitu pun halnya di Kabupaten Enrekang terdapat berbagai macam lokasi tempat wisata di enrekang yang menarik untuk di kunjung baik wisata alam maupun wisata lainnya.

Maka, tak mengherankan jika setiap daerah di Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam dan potensi wisata, telah menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Indonesia yang cukup terkenal.

Tak terkecuali di Kabupaten Enrekang, tempat wisata Enrekang terbaru ada berbagai macam lokasi wisata yang indah dan menantang tersebar di berbagai lokasi, seperti tempat wisata di duri dan berbagai objek wisata Enrekang sulawesi selatan lainnya.

Bagi anda yang ingin berwisata di kabupaten Enrekang dan belum mengetahui tempat wisata enrekang dan lokasi wisata yang indah dan menarik di Enrekang.

Kali ini kita akan membahas mengenai destinasi tempat wisata yang menarik dan menantang untuk di kunjungan di Kabupatan Enrekang.

Objek objek wisata enrekang Sulawesi Selatan tersebut tidak kalah menarik dengan objek wisata di tanah toraja atau pun objek wisata di provinsi lain.

Tempat Wisata yang Indah Dan Sangat Menarik Di Kabupaten Enrekang

Beberapa lokasi wisata Enrekang yang dibahas untuk kali ini bisa anda jadikan sebagai salah satu alternatif tujuan wisata di Enrekang saat musim libur sedang tiba.

Kawasan dan tempat wisata di Enrekang ini pastinya akan bisa membuat liburan menjadi sangat menyenangkan, diantara objek wisata dikabupaten enrekang tersebut diantaranya:

#1. Wisata Buttu Macca Enrekang

Kawasan tempat wisata Buttu Macca Enrekang adalah tempat wisata di duri yang memang bisa dikatakan sangat menarik dan dapat membuat jatuh hati, karena menyajikan panorama alam pegunungan.

Konsep kawasan wisata ini tak jauh berbeda dengan bukit watugede Gunung Kidul ataupun bukit panguk jogja yang sudah terkenal menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jogja.

Lokasi tempat wisata yang berada di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, ini pastinya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Kawasan wisata Buttu Macca menghadirkan sensasi dan pemandangan keindahan alam Enrekang.

Saat berada di puncak bukit Buttu Macca sembari menikmati pemandangan perbukitan Enrekang Duri yang indah, serta udara yang sangat sejuk segar. Siapa lagi yang dapat menolak keadaan dan kondisi alam yang seperti ini.

Kawasan wisata di duri Enrekang ini sudah sangat terkenal di kalangan anak-anak muda enrekang. Mereka yang datang kesini pastinya ingin menikmati keindahan dan wahana wisata yang tersedia di lokasi ini.

Namun, kini nama Buttu Macca tak hanya terkenal di kawasan enrekang saja. Lokasi wisata puncak bukit ini kini sudah terkenal hingga ke luar daerah enrekang. Lokasi tempat wisata pegunungan ini tidak terlalu jauh, kita hanya akan menempuh jarak sekitar 15 km dari pusat kota Enrekang.

Namun, jika kita berangkat dari kota makassar maka jarak 245 km untuk menikmati keindahan alam gunung tempat ini. Mengenai soal wahana wisata yang ada di kawasan ini, tak perlu khawatir ada banyak sekali wahana wisata yang pastinya akan dapat memacu adrenalin. Selain itu juga bisa menikmati keindahan kawasan wisata alam dengan tenang dan santai.

#2. Wisata Bukit Cekong Enrekang

Kawasan wisata bukit cekong merupakan salah satu kawasan wisata ekstrim di Indonesia. Bukit Cekong sendiri memang pada awalnya adalah sebuah lokasi motor trail yang cukup terkenal di kawasan enrekang dan sekitarnya.

Namun, semakin lama kawasan wisata ini kini telah berubah dan bertambah menjadi sebuah kawasan wisata yang sangat terkenal akan keindahan alamnya.

Banyak sekali wahana wisata tambahan yang ada di kawasan ini. jika sebelumnya mungkin kita hanya akan menikmati keindahan motor trail saja, namun ternyata ada banyak potensi wisata lain di kawasan ini.

Salah satu wahana wisata yang cukup terkenal adalah sebuah ayunan ekstrim yang ada di pinggir jurang, jika pernah ke tempat wisata wisata maribaya maka konsepnya tak jauh berbeda.

Sebuah ayunan yang berada di pinggir jurang, dan menawarkan pemandangan indah yang mempesona. Sebelum mencoba wahana wisata ini, maka pastikan terlebih dahulu jika sudah siap dan berani untuk merasakan sensasi menegangkan. Sekal mencoba ayunan ekstrim, dapat dijamin akan ketagihan dan adrenalin akan terpacu kencang.

#3. Wisata Hutan Pinus Baredok Enrekang

Hutan Pinus Baredok di Enrekang adalah salah satu lokasi wisata alam di Enrekang Duri yang menawarkan suasana yang cukup berbeda bagi kita. Sebuah kawasan yang memang benar-benar akan memberikan kesempatan pada kita untuk menyatu dengan alam.

Jika kita berkunjung ke kawasan wisata Hutan Pinus Baredok. maka sebaiknya siapkan diri kita untuk bermalas-malasan dengan nyaman.

Kawasan wisata di duri berlokasi di Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, ini memang merupakan sebuah lokasi wisata alam yang menarik.

Biasanya kawasan wisata yang satu ini selalu dijadikan sebagai lokasi wisata bercamping para wisatawan. Udara yang masih sangat sejuk dan suasana yang tenang merupakan salah satu alasan kenapa lokasi ini menjadi pilihan para pemuda yang berada di Enrekang.

Wisata hutan pinus ini sendiri memiliki jarak, sekitar 40 km dari pusat kota Enrekang, dan berjarak 270 km dari pusat kota makassar.

Untuk wahana wisata sendiri memang tak terlalu banyak, karena memang kawasan ini lebih mengedepankan suasana yang masih sangat alami sebagai salah satu daya tarik utama.

Biasanya wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata yang berada di duri ini hanya bercamping atau hanya bersantai sambil berhammock ria. Untuk dapat mencapai kawasan wisata ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi yang terutama adalah motor.

#4. Wisata Air Terjun Lewaja Enrekang

Setelah membahas mengenai beberapa tempat wisata di Enrekang Duri yang cukup ekstrim dan menantang adrenalin. Maka kini saatnya kita untuk sejenak menikmati suasana wisata yang berbasah-basah. Kawasan wisata air terjun Lewaja merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang ada di Kota Enrekang.

Kawasan wisata air terjun yang berada di Desa Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, ini memang sangat layak untuk kita kunjungi.

Sebuah tempat wisata yang akan menyajikan keindahan alam dan ketenangan suasana. Kawasan wisata yang satu ini berjarak sekitar 6 km dari pusat kota, waktu tempuh untuk menuju kawasan wisata yang satu ini hanya sekitar 15 menit saja.

Namun, untuk perjalanan menuju kawasan wisata enrekang yang satu ini kita juga harus sedikit berhati-hati, karena jalan yang kita lalui bisa dibilang cukup menantang.

Sebagai salah satu destinasi wisata air terjun di Indonesia, air terjun Lewaja sendiri memiliki keindahannya tersendiri. Sebuah keindahan yang berbeda dari yang lain.

Selain bisa menikmati keindahan air terjunnya yang cantik, kita juga bisa berenang dan berendam di kolam pemandian alami Lewaja. Sebuah lokasi wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi.

#5. Wisata Bukit Saletta Enrekang

Wisata bukit saletta adalah tempat wisata di duri, puncak Saletta yang eksotis menyuguhkan keindahan alam di lereng pegunungan yang luas membentang sejauh mata memandang.

Padang rumput yang terhampar rapi menjadikan bukit ini sering disebut-sebut sebagai Bukit Teletubbiesnya Enrekang.

Lokasi Bukit Saletta: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Tempat Wisata yang indah Dan Menantang Lainnya Di Kabupaten Enrekang

Selain lokasi wisata yang disebutkan di atas masih ada beberapa lagi lokasi wisata di Kabupaten Enrekang yang indah dan menantang untuk di kunjungi saat hari libur, seperti:

  1. Mata Dewa Enrekang

    Lokasi: wisata Mata Dewa, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  2. Jembatan Gantung Papi

    Lokasi: Papi, Enrekang, Sulawesi Selatan.

  3. Air terjun Paladang

    Lokasi: Kec Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

  4. Air terjun Singki

    Lokasi: singki, Enrekang, Sulawesi Selatan

  5. Bunker Jepang

    Lokasi: Lereng bukit Dusun Rura Desa Mandatte Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  6. Air Terjun Pendokesan

    Lokasi: Dusun Pendokesan Desa Bone-Bone,Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  7. Air Terjun Kajejen

    Lokasi: Bisang, Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  8. Mata Dewa Enrekang

    Lokasi: Mata Dewa, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  9. Bukit Butu Tande

    Lokasi: Desa Kumadang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  10. Buttu Gigi Enrekang

    Lokasi: Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  11. Buntu Sumbang Enrekang

    Lokasi: Kelurahan mataran, kecamatan Anggereja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  12. Dante Pine Enrekang

    Lokasi: Jl. Poros Enrekang-Toraja, Tanete, Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  13. Bukit Miallo Enrekang

    Lokasi: Dusun Panassang, Desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  14. Waterbak Matua Enrekang

    Lokasi: Matua, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  15. Air Terjun Laburan

    Lokasi: Dusun Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  16. Air Terjun Lagandang

    Lokasi: Dusun Benteng Banua, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  17. Kebun Massenrempulu

    Lokasi: Dusun Buttu Kuang, Desa Batu Mila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

  18. Pemandian Lewaja

    Lokasi: Bisang, Kelurahan Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa tempat wisata enrekang serta lokasi objek wisata yang Indah dan sangat menarik Di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan yang bisa anda kunjungi disaat liburan.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata tersembunyi yang ada di Enrekang, dan Setiap destinasi wisata tersebut pastinya akan memberikan pengelaman tersendiri yang menyenangkan.

Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar kawasan wisata. Semoga informasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi selatan dapat bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi lokasi wisata yang indah dan menantang untuk di kunjungi.